Bobby DePorter & mike Hernacki menyatakan bahwa gaya belajar adalah kombinasi dari bagaimana ia menyerap kemudian
mengatur serta mengolah informasi. Michael Grinder,
pengarang Righting the
Educational Conveyor Belt, telah mengajarkan gaya-gaya belajar dan mengajar
banyak instruktur. Ia mencatata bahwa dalam setiap kelompok yang terdiri dari
tiga puluh murid, sekitar 22 orang mampu belajar cukup efektif dengan cara visual,
auditorial, dan kinestetik sehingga mereka tidak membutuhkan perhatian khusus.
Dari sisa delapan orang, sekitar enam orang memilih satu modalitas belajar
dengan sangat menonjol melebihi dua modalitas lainnya. Sehingga, setiap saat
mereka harus selalu berusaha keras untuk memahami perintah, kecuali jika
perhatian khusus diberikan kepada mereka dengan menghadirkan cara yang mereka
pilih. Bagi orang-orang ini, mengetahui cara belajar terbaik mereka bisa
berarti perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan.
Ciri-ciri Gaya Belajar (menurut Bobbi DePorter & Mike
Hernacki dan Iim Sudarmi)
Gaya belajar Visual
Rapi & teratur
Berbicara dengan cepat
Perencana & pengatur jangka panjang yang baik
Teliti terhadap detail
Mementingkan penampilan, baik dalam hal pakaian maupun
presentasi
Pengeja yang baik dan dapat melihat kata-kata yang
sebenarnya dalam pikiran mereka
Mengingat apa yang dilihat, daripada yang didengar
Mengingat dengan asosiasi visual
Biasanya tidak terganggu oleh keributan
Mempunyai masalah untuk mengingat intruksi verbal kecuali
jika ditulis, dan sering kali minta bantuan orang lain mengulanginya
Pembaca cepat dan tekun
Lebih suka membaca dari pada dibacakan
Membutuhkan pandangan & tujuan yang menyeluruh dan
bersikap waspada sebelum secara mental merasa pasti tentang suatu masalah atau
proyek
Mencorat-coret tanpa arti selama berbicara di telefon dan
dalam rapat
Lupa menyampaikan pesan verbal kepada orang lain
Sering menjawab pertanyaan dengan jawaban singkat ya atau
tidak
Lebih suka melakukan demonstrasi dari pada berpidato
Lebih suka seni dari pada music
Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan, tetapi tidak
pandai memilih kata-kata
Kadang-kadang kehilangan konsentrasi ketika mereka ingin
memperhatikan
Gaya Belajar Auditorial
Berbicara kepada diri sendiri saat belajar
Mudah terganggu oleh keributan
Menggerakkan bibir mereka dan mengucapkan tulisan di buku ketika membaca
Senang membaca dengan keras dan memdengarkan
Dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, birama, dan
warna suara
Merasa kesulitan untuk menulis, tetapi hebat dalam bercerita
Berbicara dalam irama yang terpola
Biasanya pembicara yang fasih
Lebih suka music dari pada seni dan belajar sambil
mendengarkan musik
Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan
daripada yang dilihat
Suka berbicara, berdiskusi, dan menjelaskan sesuatu panjang
lebar
Mempunyai masalah dengan pekerjaan” yang melibatkan
visualisasi
Lebih pandai mengeja dengan keras dari pada menuliskannya
Lebihsuka gurauan lisan daripada membaca komik
Gaya Belajar Kinestetik
Berbicara dengan perlahan
Menanggapi perhatian fisik
Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka
Berdiri dekat ketika berbicara dengan orang
Selalu berorientasi pada fisik dan banyak bergerak
Mempunyai perkembangan awal otot-otot yang besar
Belajar melalui memanipulasi dan praktik
Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
Menggunakan jari sebagai penunjuk ketika membaca
Banyak menggunakan isyarat tubuh
Tidak dapat duduk diam untuk waktu yang lama
0 comments:
Post a Comment