Sunday 8 December 2013

Cara Mempercepat Tangan dalam Bermain Drum dengan Mengetahui Cara Memegang Stick Yang Benar

Cara Memegang Stick Drum yang Benar untuk Mendapatkan Hasil yang Maksimal

Halo drummers. Hari ini saya akan membahas tentang suatu hal yang sebenarnya mungkin jarang di perhatikan oleh para drummer, yaitu bagaimana cara memegang stick drum yang benar sehingga
tangan kita tidak cepat lelah dalam bermain drum dan bisa mendapat kecepatan maksimal saat melakukan fill in. Akhir-akhir ini ada beberapa teman yang sesama drummer bercerita kepada saya jika mereka kesulitan untuk melakukan fill in yang membutuh kan kecepatan tangan seperti fill in pada lagu-lagu Dream Theater atau lagu Metal lainnya. Mereka bahkan pesimis bisa membuat tangan mereka menjadi cepat, (meskipun tidak secepat Mike Mangini hehehe) namun jika mereka tahu bagaimana teknik yang benar dalam memegang stick dan cara memukul drum, saya yakin mereka bisa membuat tangan mereka lebih cepat.
Baiklah langsung saja kita masuk ke inti permasalahan. Pertama, memegang stick drum itu ada jenis yaitu Traditional Grip & Match Grip. Oke kita bahas satu persatu.

Traditional Grip
Cara memegang stick ini tergolong sangat lama. Dinamakan traditional grip karena memang cara memegang stick ini adalah cara memegang stick drum pertama yang dipakai oleh para pemain marching band pada waktu itu. Cara memegang stick drum ini adalah memegang stick pada tangan kiri dengan meletakkan stick drum di sela-sela ibu jari dan telunjuk kemudian dipegang dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Sedangkan stick drum pada tangan kanan memegang stick seperti memegang sebuah palu. 
Kelemahan dari cara memegang stick ini adalah mungkin bagi yang kurang terbiasa menggunakan cara ini akan merasa gerakan mereka tidak terlalu leluasa dan sedikit sulit untuk mendapat kecepatan. Kenapa? karena kita memukul head drum dengan sedikit posisi tangan yang miring. Sehingga power yang akan didapatkan dari cara memukul ini pun akan tidak kuat.
Namun teknik ini bagus untuk mendapatkan atau membuat sentuhan pukulan-pukulan lembut seperti pada lagu-lagu jas, dsb. 

Match Grip
Cara memegang stick ini adalah cara memegang stick yang sudah berkembang. Sejarahnya, dulu drumer The Beatles meresa kesulitan untuk bermain drum menggunakan traditional grip. Hingga pada akhirnya dia menemukan suatu ide dengan memegang kedua stick drum dengan cara yang sama. Jadi dia merubah cara memegang stick pada tangan kirinya seperti tangan kanannya. Alhasil, power pukulan drum yang dihasilkan menjadi lebih kuat. Variasi pukulan yang bisa dihasilkan juga lebih banyak karena bisa lebih leluasa. Kemudian cara ini dikenal dengan nama Match Grip dan populer sampai sekarang. 
Memegang stick dengan teknik ini pun terbagi menjadi 2, pertama memegang stick dengan menutup rapat jari-jari yang menggenggam stick drum. Jika menggunakan teknik ini, power yang dihasilkan bisa maksimal namun kecepatan yang dihasilkan sangat lambat. Sedangkan yang kedua adalah dengan melonggarkan jari-jari yang menggenggam stick drum. Cara ini biasanya dilakukan untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal seperti jika ingin bermain blast beat. 

Nah jika sudah memegang stick dengan benar, apakah akan menambah kecepatan tangan anda??
jawabannya tentu tidak. Kenapa?, karena untuk mendapatkan kecepatan tangan anda juga harus melatih pergelangan tangan anda. Melatihnya bisa dengan cara rajin-rajin sticking. Yang perlu anda ingat adalah jangan sekali-kali memukul dengan bertumpu pada kekuatan lengan, tapi bertumpu pada kekuatan pergelangan tangan. Bisa dibilang yang bergerak ketika anda memukul drum head adalah pergelangan anda, bukan lengan anda. Hal ini berlaku untuk kedua tangan anda.

Sekian para drummer, semoga artikel di atas bermanfaat untuk para drummer khususnya yang masih Beginner...

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free Vector Graphics | Web Design Resources.