FADING
Fading adalah
perubahan secara bertahap, pada uji coba berturut-turut, dari stimulus yang
mengontrol respon, sehingga akhirnya terjadi respon terhadap rangsangan yang
sebagian diubah atau benar-benar baru (Deitz & Malone, 1985). Dalam kasus
yang telah dijelaskan, Peter pada awalnya akan menyebutkan
namanya hanya ketika namanya dikatakan kepadanya. melalui proses Fading, kontrol stimulus atas renponse "Peter" secara bertahap dipindahkan dari stimulus "Peter" ke stimulus "siapa namamu?" . (pada titik ini, orang
mungkin bertanya apakah Peter tahu bahwa ia mengatakan namanya sendiri, tapi ini adalah pertanyaan samar-samar, jadi mari kita coba ke frase perilaku yang lebih banyak. Akankah Peter telah secara konsisten menanggapi dengan benar ketika ditanya pertanyaan lain yang melibatkan namanya,. misalnya , akankah dia telah secara konsisten menjawab "Peter" ketika ditampilkan bayangannya di cermin dan ditanyakan "siapa itu?" Mungkin tidak. Namun, mengajarinya untuk menjawab "siapa namamu?" adalah awal yang tepat dan penting untuk mengajarkan dia untuk menjawab pertanyaan lainnya yang melibatkan namanya dan mengetahui bahwa ia mengatakan namanya).
namanya hanya ketika namanya dikatakan kepadanya. melalui proses Fading, kontrol stimulus atas renponse "Peter" secara bertahap dipindahkan dari stimulus "Peter" ke stimulus "siapa namamu?" . (pada titik ini, orang
mungkin bertanya apakah Peter tahu bahwa ia mengatakan namanya sendiri, tapi ini adalah pertanyaan samar-samar, jadi mari kita coba ke frase perilaku yang lebih banyak. Akankah Peter telah secara konsisten menanggapi dengan benar ketika ditanya pertanyaan lain yang melibatkan namanya,. misalnya , akankah dia telah secara konsisten menjawab "Peter" ketika ditampilkan bayangannya di cermin dan ditanyakan "siapa itu?" Mungkin tidak. Namun, mengajarinya untuk menjawab "siapa namamu?" adalah awal yang tepat dan penting untuk mengajarkan dia untuk menjawab pertanyaan lainnya yang melibatkan namanya dan mengetahui bahwa ia mengatakan namanya).
Fading terlibat
dalam banyak situasi sehari-hari di mana
satu orang mengajarkan perilaku kepada orang lain. Orangtua cenderung
menghilangkan secara perlahan bantuan dan dukungan mereka ketika mengajarkan
anak untuk berjalan atau naik sepeda. seorang instruktur tari mungkin menggunakan
sedikit tekanan untuk membimbing siswa melalui langkah-langkah tarian baru. Dan
sebagai seorang remaja yang sedang dalam proses pendidikan mengemudi, instruktur
mengemudi cenderung memberikan petunjuk verbal yang lebih sedikit dan sedikit
untuk mengurus berbagai peraturan lalu lintas.
Dalam situasi di
mana stimulus diberikan kontrol yang kuat atas respon, Fading bisa menjadi
prosedur yang sangat berguna untuk mengubah kontrol stimulus. Penemuan dan
pengembangan teknik Fading telah menyebabkan beberapa perubahan dalam pandangan
pendidik mengenai proses belajar. Pada satu waktu, diyakini bahwa orang harus
membuat kesalahan saat belajar untuk mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan.
Namun, sedikit kesalahan transfer dari sebuah diskriminasi dapat terjadi, dan
setidaknya memiliki tiga keunggulan dibandingkan prosedur yang melibatkan trial
and error. Pertama, kesalahan memakan waktu yang berharga. Kedua, jika terjadi
kesalahan sekali, itu cenderung terjadi berkali-kali, meskipun hal tersebut
sedang di hapuskan. (Ingat dari bab 5 bahwa pada Extinction, "sesuatu mungkin
lebih buruk sebelum mereka mendapatkan yang lebih baik"). Ketiga, nonreinforcement yang terjadi ketika
kesalahan sedang dihapuskan sering menghasilkan efek samping emosional seperti
mengamuk, perilaku agresif, dan upaya untuk keluar dari situasi .
0 comments:
Post a Comment